Cholesterol

CHOLESTEROL

Kolesterol merupakan satu-satunya steroid yang ada dalam konsentrasi yang bisa dinilai diseluruh tubuh. Kolesterol diet yang berasa dari hewan diabsorbsi dalam jumlah terbatas ke dalm sistem limfatik bila ada garam-garam empedu dan setelah esterifikasi parsial dengan asam-asam lemak. Sebagian besar kolesterol yang dibutuhkan tubuh disintesa secara endogen dari Asetil Ko-A melalui -hidroksi-metil glutamil KoA. Mungkin semua sel sanggup mensintesa kolesterol, tetapi bagian terbesar kolesterol di dalam tubuh diproduksi oleh hepar, ia diangkut di dalam plasma terutama sebagai LDL.

Fungsi kolesterol dalam tubuh antara lain :
  • Merupakan zat esential untuk membran sel tubuh
  • Merupakan bahan pokok untuk pembentukan garam empedu yang sangat diperlukan untuk pencernaan makanan.
  • Merupakan bahan bakuuntuk membentuk hormon steroid.
  • Merupakan zat esential untuk membran sel tubuh
Kadar lemak yang abnormal dalam sirkulasi darah (terutama kolesterol) biasa menyebabkan masalah jangka panjang. Resiko terjadinya aterioklerosis dan penyakit arteri karotis meningkat pada seseorang yang memiliki kadar kolesterol total yang tinggi. Kadar kolesterol rendah biasanya lebih baik dibandingkan dengan kadar kolesterol yang tinggi, tetapi kadar yang terlalu rendah juga tidak baik.

HDL-Cholesterol
HDL cholesterol dibentuk oleh sel hati dan usus, mentransport kolesterol dari perifer ke hati dimana zat tersebut dimetabolisme dan diekskresi. HDL dapat menembus tunica intima, tetapi tidak melekat pada dinding pembuluh darah, sehingga dapat kembali kealian darah, HDL mengangkut cholesterol yang ditimbun pada pembuluh darah darah oleh LDL. Jadi HDL mempunyai fungsi yang dapat membersihkan depost cholesterol pada dinding pembuluh darah yang ditimbun oleh HDL dan mencegah terjadinya aterioklerosis. Kadar cholesterol yang tinggi yang berasal dari HDL malah mempunyai pengaruh yang positif terhadap pembuluh darah dan secara tidak langsung juga terhadap jantung.

Keadaan yang dapat menurunkan kadar HDL-cholesterol adalah :
-         Kadar trygeliserida yang tinggi
-         Obesitas
-         Cigarette smoking
-         Physical In activity

          LDL-Cholesterol
LDL berasal dari katabolisme VLDL, mentransport kolesterol dalam darah ke jaringan perifer dimana dibtuhkan anatara lain untuk pembentukan membran sel. LDL karena kecil dan dan padat, selain dapat menembus tunica intima juga mempunyai sifat melekat pada dinding pembuluh darah dan menetap diantara selaput intima akibat timbulnya benjolan-benjolan yang berisikan LDL dengan kolesterolnya. Makin lama benjolan makin besar dan bertambah banyak sehingga lubang pembuluh darah menjadi skletorik, akibatnya apabila terjadi penimbunan LDL maka akan terjadi aterioklerosis (penyakit jantung koroner).

0 komentar:

Posting Komentar