Pankreas

PANKREAS

A.    PENGERTIAN
Pankreas adalah kelenjar yang strukturnya sangan mirip dengan kelenjar ludah, panjangnya kira-kira 15 cm, lebar 5 cm mulai dari duodenum sampai kelimpa dan beratnya rata-rata 60-90 gr, terbentang pada vertebra lumbaris I dan II dibelakang lambung

B.     BAGIAN - BAGIAN DARI PANKREAS
-  Kepala Pankreas
Terletak disebelah kanan rongga abdomen dan didalam lekukan duodenum yang melingkarinya.

-  Badan Pankreas
Merupakan bagian utama dari organ ini letaknya dibelakang lambung dan didepan vertebra umbalis pertama

-  Ekor Pankreas
Bagian yang runcing di sebelah kiri yang sebenarnya menyentuh limpa

C.     FUNGSI PANKREAS
-       Fungsi Eksokrim
Yang membentuk getah pankreas yang berisi enzim elektrolit

-       Fungsi Endokrin
Sekelompok kecil sel epitelium yang berbentuk pulau-pulau kecil atau kepulauan langerhans, yang bersama-sama membentuk organ endokrin yang mensekresikan insulin

-       Fungsi Sekresi Eksternal
Yaitu cairan pankreas yang dialirkan ke duodenum yang berguna untuk proses pencernaan makanan keintestinum 

-       Fungsi Sekresi Internal
Yaitu sekresi yang dihasilkan oleh pulau-pulau langerhans sendiri yang langsung dialirkan kedalam peredaran darah. Sekresinya disebut hormon insulin dan hormon glukagon, hormon tersebut dibawa kejaringan untuk membantu metabolisme hidrat arang.

D.    HASIL SEKRESI
       Berupa :
-       Hormon insulin
Hormon ini langsung dialirkan kedalam darah tanpa melewati duktus, sel-sel kelenjar yang menghasilkan insulin ini termasuk sel-sel kelenjar endokrin, kumpulan dari sel-sel ini berbentuk seperti pulau-pulau yang disebut pulau langerhans.

-       Getah Pankreas
Sel-sel yang memproduksi getah pankreas ini termasuk kelenjar eksokrin, getah bening ini dikirim kedalam duodenum melalui duktus pankreatikus, duktus ini bermuara pada papila vateri yang terletak pada dinding duodenum Pankreas menerima darah dari arteri pankreatika dan mengalirkan darahnya ke vena kava inferior melalui vena pankreatika.

Jaringan pankreas terdiri atas iobulus dari sel-sel sekretori yang tersusun mengitari saluran-saluran halus.  Saluran halus ini mulai dari sambungan saluran-saluran kecil dari Iobulus yang terletak di dalm ekor pankreas dan berjalan melalui Badan pankreas dari kiri ke kanan.
Saluran kecil ini menerima saluran dari Iobulus lain dan kemudian bersatu untuk membentuk saluran utama yaitu duktus wirsungi

E.     STRUKTUR PANKREAS
       Merupakan kumpulan kelenjar yang masing-masing mempunyai saluran, saluran dari masing-masing kelenjar bersatu menjadi duktus yang jari-jarinya + 3 mm, duktus ini disebut duktus pankreatikus. Duktus Pankreatikus akhirnya menjadi duktus koledakus dan melanjutkan ke duodenum + 7,5 cm dibawah pilorus

Pankreas terletak dibelakang selaput perut atau retroperitoneal, didepan ditutupi selaput dinding perut dan mendapat darah dari arteri pankreatika, salah satu cabang dari batang nadi aorta abdominalis. Pankreas mempunyai 2 macam sel kelenjar, dimana sel ini dikumpulkan dan menyerupai pulau-pulau yang disebut langerhans, pulau-pulau ini membuat insulin yang langsung masuk kepembuluh darah dan kelenjar bagian tubuh.

Didalam pankreas terdapat kelenjar-kelenjar yang membuat ludah perut atau getah perut yang mengalir kedalam pembuluh-pembuluh kelenjar. Pembuluh ini bersatu kedalam saluran wirsungi kemudian masuk kedalam duodenum pada tempat papilla / orti kelenjar perut menghasilkan + 1 liter ludah perut dalam satu hari.

Sumber : 
Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar