Darah


DARAH

Pengertian
Darah adalah jaringan tubuh yang berbeda dengan jaringan tubuh lain karena berada dalam konsistensi cair, beredar dalam pembuluh darah untuk menjalankan fungsi transport berbagai bahan didalam tubuh manusia. Darah merupakan jaringan yang unik, karena merupakan suatu jaringan yang bersentuhan dengan hampir seluruh jaringan tubuh. 

Volume darah manusia sekitar 7%-10% berat badan normal dan berjumlah sekitar 5 liter, darah terdiri atas sel-sel, pecahan-pecahan sel dan suatu larutan bersifat cair yaitu plasma. Sekitar 55% adalah cairan, sedangkan 45% sisanya terdiri atas sel-sel darah. Darah terdiri atas 2 komponen utama yaitu :

1. Plasma darah, bagian cairan darah yang sebagian besar terdiri atas air, elektrolit, protein darah dan sebagian kecil glukosa dan sisa metabolisme protein.

2. Butir-butir darah (blood corpuscles) yang terdiri atas sel darah merah (erythrocyte), sel darah putih (leukocyte), serta sel pembeku darah (thrombocyte/platelet).

Eritrosit merupakan sel terbanyak dalam darah. Leukosit dan trombosit walaupun secara fungsional sangat esensial, tapi hanya merupakan sebagian kecil saja dari darah secara keseluruhan. Komponen utama plasma darah adalah air, elektrolit dan protein. Protein yang terlarut meliputi : Albumin, globulin (alfa globulin, beta globulin dan gamma globulin), fibrinogen, protrombin, asam amino dan polipeptida lainnya.

Darah yang beredar dalam sirkulasi tubuh merupakan gambaran kondisi tubuh dan metabolisme tubuh, misal : meningkatnya jumlah leukosit menandakan adanya radang atau infeksi, perdarahan yang tidak berhenti menandakan adanya defisiensi faktor pembekuan darah dan menurunnya kadar hemoglobin menandakan anemia. Dalam darah dapat di analisis zat-zat terlarut sebagai penanda kelainan tubuh.

Sifat Fisika Darah
Darah normal bersifat sedikit alkali dengan rata-rata pH 7,4 atau berkisar antara 7,35 - 7,45. Berat jenis (BJ) darah berkisar antara 1.045 - 1.075 (air murni BJ = 1.000) tergantung kandungan dan komposisi protein dalam darah. Jumlah darah total dalam tubuh bervariasi dari 1/12 sampai 1/14 dari berat badan dengan rata-rata 1/13,5 dari berat badan. Darah berwarna merah karena kandungan hemoglobin pada setiap sel eritrosit, namun apabila dibiarkan mengendap maka akan terpisah menjadi dua bagian yaitu : bagian padata berupa sel yang berwarna merah dibagian bawah dan cairan plasma bening berwarna kuning.

Fungsi Darah
Darah mempunyai berbagai fungsi di dalam tubuh yaitu :
1. Respirasi, sebagai media transportasi dengan membawa oksigen (O2) dari paru ke jaringan dan membawa CO2 dari jaringan ke paru.
2. Nutrisi, membawa sari makanan.
3. Ekskresi, mengangkut zat sisa-sisa metabolit menuju ginjal dan paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.
4. Pengaturan suhu tubuh melalui distribusi panas.
5. Pemeliharaan keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit.
6. Pengaturan asam basa / pH darah.
7. Mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi
8. Mekanisme sistem antibodi dan penolakan jaringan asing.
9. Mekanisme faal hemostasis.
10. Darah mentransfer hormon dan vitamin ke sel untuk mengatur proses metabolisme di dalam sel.

0 komentar:

Posting Komentar