Morfologi Tidak Normal Pada Leukosit

MORFOLOGI TIDAK NORMAL PADA LEUKOSIT 

1.     GRANULA TOKSIK
Didalam sitoplasma Neutrofil penderita dengan infeksi yang berat atau demam yang menyertai kerusakan jaringan sering ditemukan granula besar berwarna gelap ini disebut Granula Toksik. Granula ini diduga bukan benda inklusi atau benda yang di fagositosis tetapi granula berisi enzim yang di agregasi secara abnormal.

2.     BENDA DOHLE
Neutrofil pada penderita dengan infeksi berat, luka bakar, keganasan atau lisis sel yang berlebihan bisa ditemukan suatu massayang besar yang berbentuk bulat dan berwarna biru pucat ditepi sitoplasma disebut Benda Dohle. Benda inklusi ini dapat juga dijumpai pada kehamilan. Benda inklusi itu terbentuk karena agregasi Retikulum Endoplasma.

3.     BATANG AUER
Mieloblast, Promielosit dan sel-sel mielomonosit pada leukemia mungkin mengandung Batang auer. Suatu benda yang berbentuk batang langsing yang berwarna merah muda atau ungu yang terbentuk dari bahan Lizosom. Batang auerdapat dipakai untuk membedakan Leukemia granulositik akut dengan Leukemia limpositik akut karena sel seri limposit tidak pernah selama hidupnya benda itu ada.

4.     HIPERSEGMENTASI
         Kelainan metabolisme Asam Folatdan Vitamin B12 berpengaruh pada sel terutama kelainan morfologi. Diantaranya yang paling menyolok adalah Erythrosit Megaloblastik. Sel lain yang berproliferasi cepat juga mengalami gangguan perkembangan. Sel-sel seri granulosit cenderung berubah menjadi abnormal khususnya Metamielosit dalam sumsum tulang yang disebut Metamielosit raksasa / Giant Metamielosit dan netrofil dalam darah tepi mempunyai inti dengan jumlah lobus lebih dari enam disebut Hypersegmentasi. Sitoplasma sel ini banyak tetapi masih menunjukkan morfologi yang normal.

5.      DRUMSTICK
      Sel granulosit yang memiliki segmen kecil pada inti mirip stik drum. Ditemukan pada sel betina, merupakan agregasi pada kromosom. Kadang-kadang disebut juga Barr Body.

0 komentar:

Posting Komentar